News

Layanan Google Yang Digunakan Untuk Menyimpan File Secara Cloud Adalah

×

Layanan Google Yang Digunakan Untuk Menyimpan File Secara Cloud Adalah

Share this article
layanan-google-yang-digunakan-untuk-menyimpan-file-secara-cloud-adalah

layanan google yang digunakan untuk menyimpan file secara cloud adalah google drive. Dengan Google Drive, pengguna dapat menyimpan berbagai jenis file.

Dunia teknologi semakin menunjukkan kualitasnya seiring dengan perubahan zaman. Pada masa lalu, seseorang membutuhkan flashdisk untuk menyimpan dokumen-dokumen.

Benda yang berukuran kecil menjadi favorit di kala itu, karena sangat praktis untuk dibawa kemana saja. Namun kekurangan dari flashdisk antara lain, mudah hilang dan resiko lebih rentan terkena virus. Apabila virus sudah menyebar, maka peluang dokumen yang ada didalamnya akan tidak tersimpan.

Fungsi Google Drive Hingga Cara Menggunakannya

layanan-google-yang-digunakan-untuk-menyimpan-file-secara-cloud-adalah

Berbeda dengan saat ini, hampir seluruh masyarakat sudah mulai meninggalkan penyimpanan di memori fisik seperti hard drive, flashdisk, ssd dan sejenisnya pada komputer atau smartphone dan beralih ke G-Drive. Google Drive merupakan penyimpanan cloud yang berfungsi menyimpan semua file dalam bentuk foto, video maupun dokumen secara online (daring). Hanya bermodalkan akun e-mail dan password, sudah bisa mengakses fitur tersebut dan bisa diakses di semua perangkat ponsel kapanpun dan dimanapun hanya dengan memastikan bahwa jaringan internet stabil memudahkan akses tersebut.

Selain Google Drive yang hadir sebagai salah satu bentuk inovasi dalam layanan penyimpanan berbasis cloud juga terdapat beberapa fitur lainnya seperti Microsoft yang merupakan dari OneDrive, ada juga iCloud dari Apple, serta Dropbox dan Amazon Cloud Drive. Pada saat pertama kali membuka akun G-Drive, sudah otomatis akan mendapatkan jumlah memori penyimpanan dengan kapasitas maksimum 15 GB. Namun, apabila menggunakan layanan yang berbayar maka kapasitas pada penyimpanan di Google Drive akan terupgrade menjadi 100 GB, 200 GB, bahkan bisa sampai 2 TB.

Fungsi Goggle Drive

Adapun fungsi dari Google Drive antara lain:

  • Selain sebagai tempat untuk penyimpanan file, G-Drive juga bisa dimanfaatkan untuk berbagi file dengan orang lain, seperti foto, video, atau dokumen lainnya.Tidak berhenti disitu saja, orang lain juga bisa untuk sekedar melihat, berkomentar atau mengedit file beserta folder.
  • Selanjutnya, juga dapat digunakan untuk menyimpan link pada saat sedang berselancar di internet yang nantinya berencana untuk dikunjungi di kemudian hari. Apabila memakai media platform Google Chrome, bisa dilakukan dengan cara menginstal ekstensi pada G-Drive, kemudian klik ikon segitiga di browser untuk menyimpan link ke G-Drive. Untuk menyimpannya dengan cara cepat cukup dengan melakukan klik kanan pada tautan link dan memilih opsi “simpan tautan ke g-drive”.
  • Bagi pengguna yang memiliki jadwal super padat bisa mengaplikasikan fitur Google Keep yang nantinya akan secara otomatis terhubung ke Google Drive untuk membuat catatan.
  • Kemudian dapat juga berfungsi sebagai tempat untuk penyimpanan file yang telah dibackup. G-Drive dapat menyimpan semua data dan dokumen dengan aman, meskipun ponsel atau komputer mengalami kerusakan.
  • Dalam dunia komunikasi, fungsi lain dari G-Drive adalah dapat mencadangkan obrolan WhatsApp. Pencadangan ini dilakukan untuk membackup secara otomatis keseluruhan pesan teks, voice note, video atau berkas lainnya dengan mudah dan aman.

Di atas adalah fungsinya, Tentunya pasti banyak memiliki kegunaan yang sangat membantu & memudahkan anda.

Cara Menggunakan Google Drive Di Smartphone

Selain itu, akan kami bahas tentang cara menggunakan melalui seluler anda. Berikut adalah panduannya:

  1. Download aplikasi G-Drive ke smartphone melalui Google Play Store (bagi pengguna ponsel Android) atau juga bisa melalui App Store (bagi Iphone).
  1. Apabila sudah terinstal, mala lanjut dengan memasukkan akun Google untuk di sinkronisasikan ke akun Google.
  1. Setelah berhasil masuk, klik ikon tambah lalu pilih file dari penyimpanan ponsel yang ingin di unggah dan simpan di G-Drive.
  1. File yang berhasil diunggah akan otomatis tersimpan di memori cloud G-Drive.

Bagaimana apakah mudah? Tentunya sangat mudah, dengan memikuti langakah di atas kamu telah bisa menggunakannya.

Tata Cara Menggunakan Google Drive di Komputer / Laptop

Selanjutnya akan kami bahas tentang cara penggunaan melalui komputer atau laptop. Berikut adalah caranya:

  1. Kunjungi situs web “google.com” pada browser yang tersedia di komputer / laptop.
  1. Selanjutnya pastikan sudah terhubung dengan akun Google pada saat melakukan sign up.
  1. Apabila sudah berhasil maka langkah berikutnya akan otomatis terbuka halaman pada website G-Drive.
  1. Tekan ikon tambah untuk mengupload dan menyimpan file dari penyimpanan komputer atau laptop di Google Drive.

Kesimpulan

layanan google yang digunakan untuk menyimpan file secara cloud adalah google drive. Google Drive adalah alat penyimpanan awan yang tidak hanya menyimpan file, tetapi juga menyimpan kenangan, inspirasi, dan potensi kolaboratif.