News

Tampon Adalah? Cara Pemakaian, Kelebihan & Kekurangannya

×

Tampon Adalah? Cara Pemakaian, Kelebihan & Kekurangannya

Share this article

tampon adalah sangat penting bagi sebagian besar perempuan. Meskipun tampon telah menjadi bagian yang cukup umum dalam kehidupan sehari-hari.

namun tidak semua orang merasa nyaman atau mengerti cara menggunakannya dengan benar. Oleh karena itu akan membahas tentang pentingnya tampon dalam menjaga kesehatan perempuan serta memberikan panduan yang mudah untuk menggunakannya.

Fungsi Tampon Untuk Wanita Hingga Cara Penggunaan

Dibandingkan dengan pembalut, ia akan memberikan kebebasan dalam bergerak bagi penggunanya. Apalagi jika pemakaiannya dilakukan secara maka akan sangat aman untuk digunakan karena kegunaannya untuk menyerap darah menstruasi dan mengurangi meminimalisir kebocoran.

Bagi perempuan yang tetap aktif selama menstruasi, dan rutin olahraga serta aktivitas fisik lainnya. Sebenarnya tersedia beragam macam jenis pilihan tampon adalah mulai dari yang organik, bisa digunakan saat tertidur dan ada yang tidak memiliki tergantung pada apa yang diinginkan.

Tips & Trik Penggunaan Tampon Dengan Mudah

tampon-adalah

Meskipun tampak sederhana, ada cara mudah untuk diikuti agar dapat menggunakannya dengan nyaman sehingga dapat memudahkan aktivitas:

  1. Cuci tangan dengan sabun dan air bersih sebelum memasang tampon.
  1. Gunakan Tampon yang pas.
  1. Pastikan untuk membuka kemasan tampon dengan hati-hati untuk menghindari kontaminasi.
  1. Pegang dengan ujung yang bersih, lalu masukkan ke dalam vagina dengan arah yang tepat.
  1. Tekan tabung dengan jari supaya terpasang dengan benar.
  1. Pastikan untuk membuang kemasan di tempat sampah dengan benar, jangan biarkan mereka berserakan di sekitar kamar mandi.
  1. Tampon perlu diganti secara berkala dari beberapa jam.
  1. Setelah terpasang, bersihkan tangan kembali.

Kekurangan Dalam Penggunaan Tampon

Meskipun menjadi opsi paling diminati oleh para wanita saat sedang terkena haid, namun sama halnya dengan sebuah produk buatan manusia lainnya pasti juga memiliki kekurangan serta terlibat juga resiko akibat pemakaian. Oleh karena itu akan dijelaskan secara gamblang beberapa akibat dari penggunaannya:

  • Resiko Terkena Sindrom Syok Toksik
    Terdapat kekurangan paling serius dari penggunaan tampon yaitu adanya resiko terkena sindrom syok toksik atau disingkat sebagai TSS, di mana kondisi ini cukup langka tapi tidak bisa diabaikan. Ini dapat terjadi ketika suatu bakteri staphylococcus aureus mengalami perkembang biakan di dalam tubuh, sehingga menghasilkan toksin dapat berpotensi fatal. Dalam penggunaan tidak tepat atau terlalu lama dapat meningkatkan risiko terkena sindrom.
  • Menyebabkan Kering Pada Vagina
    Alat menstruasi ini bekerja dengan menyerap darah dari menstruasi, sekaligus juga dapat menyerap kelembaban yang biasanya dialami vagina pada umunya. Hal ini dapat menyebabkan kulit pada vagina kering terutama jika alat tersebut digunakan dalam waktu lama. Kondisi ini akan menyebabkan rasa tidak nyaman dan resiko luka dan lainnya.
  • Iritasi dan Alergi
    Bahan untuk pembuatan adalah mulai dari kapas bisa juga bahan sintetis lainnya, dapat menyebabkan iritasi pada kulit sensitif atau bahkan menyebabkan reaksi alergi penggunanya. Beberapa wanita mungkin mengalami seperti gatal, kemerahan, serta ada pembengkakan setelah menggunakan tampon, yang dapat menjadi tanda iritasi atau reaksi alergi terhadap bahan yang digunakan.

Perempuan harus mempertimbangkan secara seksama opsi tersedia bagi mereka, serta berkonsultasi dengan profesional kesehatan jika mereka memiliki kekhawatiran atau pertanyaan tentang penggunaan tampon atau alternatif lainnya. Dengan pengetahuan yang tepat, wanita dapat membuat keputusan yang tepat untuk kesehatan dan kenyamanan mereka sendiri selama menstruasi.

Kesimpulan

Tampon adalah alat penyerap yang digunakan oleh perempuan saat menstruasi. Cara pemakaiannya melibatkan memasukkan tampon ke dalam vagina untuk menyerap darah menstruasi.